14 Desember 2009

FreePDFConvert: aplikasi online gratis untuk mengubah file ke bentuk PDF


Banyak aplikasi untuk mengkonversi file ke bentuk format PDF tetapi tidak semua orang sering menggunakannya sehingga install aplikasi semacam ini hanya membuang tempat di hardisk.

Melalui web ini kita bisa mengkonversi berbagai macam file mulai Microsoft Office, Open Office, Lotus, images, web pages dan format lainnya ke dalam bentuk PDF.


FreePDFConvert.com adalah sebuah aplikasi online gratis untuk mengubah file menjadi bentuk format PDF.


Melalui web ini kita bisa menggunakannya secara gartis atau berbayar tetapi untuk yang gratis ini adalah beberapa keterbatasan, misal:
– File PDF baru akan dikirim dalam waktu 30 menit (tidak bisa langsung)
– Jumlah lembar maksimum untuk file Word dan Excel hanya 2 lembar
– Maksimal kita hanya bisa mengkonversi sebanyak 15 file

Memang kelihatannya sangat terbatas tapi bagi orang tertentu, keterbatasan tersebut sudah lebih dari cukup.

Walaupun di webnya tertulis bahwa mereka sama sekali tidak akan membuka/ melihat file yang anda konversi, untuk file atau gambar yang sangat rahasia, sebaiknya kita menghindarkan untuk menggunakan aplikasi online seperti ini.

Penggunaannya cukup mudah kok, upload file yang ingin dikonversi ke kolom Source File kemudian masukkan alamat email, kurang lebih 30 menit file tersebut akan dikirim.

Seperti kita tahu bahwa file PDF ini mempunyai keuntungan untuk lebih mudah dibaca oleh siapapun karena format atau bentuk tulisan tidak akan berubah.

Berbeda halnya bila kita mengirim file dalam bentuk Microsoft Word yang kadang bentuk tulisan dan layout sering berubah pada saat dibuka di komputer lain.