20 Februari 2010

Guru dan Aktivitasnya

Tugas pengajar atau guru sangatlah berat. Kalau kita bayangkan ternyata profesi yang cukup memakan waktu dan tenaga serta pikiran. Bayangkan saja seorang guru harus membuat perangkat pembelajaran, bahan ajar dan analisis nilai.

Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus beserta rincian kompetensi dan indikator, kemudian harus dilanjutkan menyusun program tahunan dan semester. Tidak sampai di situ, pengajar atau guru juga harus membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran selama 1 (satu) semester. yang isinya mencakup rencana kegiatan belajar mengajar di kelas, materi, dan penilaian.

Ketika anak didik sedang terlelap, guru harus menyusun bahan ajar dan mempersiapkan program penilaian. Kemudian saat ulangan harian selesai, seorang guru harus memberikan penilaian terhadap jawaban anak didik. Setelah itu memasukkan rincian nilai benar-salah, skor, dan evaluasi jawaban.

Semua yang tertulis di atas belum semua kegiatan yang dilakukan guru di sekolah maupun di rumah. Beban beban berat ini harus dipikul sebagai tanggung jawab akan profesinya untuk mendidik peserta didik menjadi manusa yang cerdas, terampil dan berwawasan.

Bagaimana dengan akhlak? Semua masih berkelanjutan..

Terus berjuang..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda mengisi komentar jika mendapat manfaat dari uraian di atas. Hindari SARA dan junjung tinggi etika kesopanan... No SPAM...!!! Terima kasih...