11 Juni 2011

Tips Memilih Sekolah Lanjutan

Ujian Nasional sudah selesai, LULUS, alhamdulillah... Nah sekarang giliran pusing cari sekolah lanjutan kan? Bagaimana nilai UN-nya? Biasanya siswa-siswa masih suka mengikuti teman-temannya. Di mana teman sekolah ya di situ dia daftar. Bagi siswa yang ingin melanjutkan sekolah baik itu SMP, SMA, atau Perguruan Tinggi ada baiknya kalian melakukan hal ini,

  1. Tentukan sekolah favorit yang kalian incar jauh hari, sebaiknya pilih 5 alternatif sekolah berbeda yang diinginkan dari sekolah yang memiliki standar tinggi diikuti yang rendah.
  2. Tanyakan informasi tentang sekolah tersebut pada teman- teman yang sedang bersekolah di sana, yaitu berkaitan dengan fasilitas sekolah, uang bulanan, uang pembangunan, beasiswa, prestasi sekolah, ekstrakurikuler, dan bagaimana kegiatan belajar mengajarnya.
  3. Carilah informasi tentang sekolah favorit tersebut di internet atau di buku-buku untuk mengetahui nilai akreditasi sekolah tersebut (akreditasi menggambarkan kinerja sekolah tersebut)
  4. Cari tahu prestasi-prestasi dari sekolah favorit yang telah kalian rencanakan, karena biasanya sekolah yang memiliki banyak prestasi lebih idealis, artinya ketika sudah pernah juara maka akan berusaha untuk mempertahankan semaksimal mungkin. (?)
  5. Jika sudah mantap dengan pilihan sekolah favorit, bisa mencari infomasi tentang bagaimana pendaftarannya.
  6. Lengkapi berkas- berkas pendaftaran sekolah favorit kalian selengkap mungkin.
  7. Bersiaplah untuk menghadapi tes/seleksi, karena biasanya sekolah-sekolah favorit selalu ada tes seleksi.
  8. Berdoalah....
  9. Jika tidak lolos, jangan khawatir masih ada gelombang kedua.
Catatan: Nilai rapor dan UN juga menentukan maka SERIUSLAH!.

Sumber berita : pikiranku dewe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda mengisi komentar jika mendapat manfaat dari uraian di atas. Hindari SARA dan junjung tinggi etika kesopanan... No SPAM...!!! Terima kasih...